Rahasia Besar dibalik Matematika Sedekah


Rahasia Besar dibalik Matematika Sedekah
Assalamualaikum wr. wb

Kalau kita telesuri besar sekali manfaat dari sedekah, sedekah itu dapat mendatangkan ampunan dari sang Kholik, mendapatkan rahmat yang melimpah, mendapatkan kasih sayang dari Allah, mendapatkan ridha-Nya dan masih banyak lagi faedah yang diberikan Allah bagi hamba-Nya yang gemar bersedekah.

Hidup kita susah pada dasarnya bukanlah karena tidak ada uang akan tetapi tidak adanya rasa syukur dan kurangnya bersedekah terlebih lagi terlalu banyak dosa yang telah kita lakukan selama ini. Dosa-dosa dan kesalahan yang kita perbuat menutup rahmat dan kasih sayang Allah kepada kita. Dosa-dosa yang kita buat menjadi perangkap lautan kesusahan yang pada dasarnya kita ciptakan sendiri. Masalah pun datang silih berganti seakan tiada hentinya.

Kemudian Allah menawarkan bantuan-Nya, kasih-sayang-Nya, ampunan-Nya. Lantas pada siapa Allah memberikan itu semua ???? tentunya pada orang-orang yang gemar bersedekah dan orang-orang yang gemar membantu saudara-saudaranya yang dalam kesusahan.

Pada zaman sekarang ini banyak yang mengeluh sebab hidup semakin susah, akan tetapi bila kita melihat kebawah banyak yang lebih susah dari kita. Pada mereka-mereka inilah Allah ingin kita memperhatikan mereka jika ingin Allah memperhatikan kita juga.

Disini saya sebagai penulis mencoba memberikan keutamaan, faedah dan manfaat sedekah yang Insya Allah teman-teman semua bisa ambil kebaikannya. Saya akan coba mendorong diri sendiri dan teman-teman semua agar lebih giat lagi bersedekahnya dengan mengemukakann fadilah dan keutamannya yang Insya Allah pembahasan ini akan sampai pada Ikhsan, Mahabbah, Ikhlas dan Ridha Allah. Apa yang telah tertulis semoga bisa menjadi motivasi untuk saling berbagi dan kemauan bersedekah.

Apa yang bisa kita lihat dari faedah bersedekah ini ???? yuk kita simak sama - sama skema matematikanya dibawah ini yang saya kutip dari Ustad Yusuf Mansyur :

Coba simak hitungan matematika dibawah ini dan apa yang dapat kita simpulkan ????

Matematika sedekah

10-1 = 19

Kenapa bisa jadi penambahan bukan pengurangan ???

Inilah metematikanya bersedekah, jika kita memberi sesuatu dengan ikhlas karena Allah SWT, bukan pengurangan yang kita dapatkan justru penambahan yang kita dapatkan. Dimana kita memberikan harta yang kita punya justru Allah akan mengembalikannya lagi dengan jumlah yang lebih banyak. Matematika sederhana ini dapat kita jumpai pada QS: 6:160 yang kurang lebih berbunyi seperti ini : "dimana Allah akan menjanjikan 10x lipat bagi mereka yang berbuat baik."

Semakin banyak kita bersedekah maka maka semakin banyak pula Allah akan memberikan gantinya. Jadi janganlah takut kalau sudah bersedekah akan menjadi miskin. Tinggal kita membuka mata hati dan yakinkan diri bahwa Allah akan membalas dengan balasan yang setimpal buat kita.

Sekarang mari kita jajal dengan sedekah 10 %

Saya akan memberikan contoh seorang karyawan yang memiliki gaji 1 juta tetapi dia memiliki pengeluaran sebesar 2 juta. Kalau dipikir dengan gaji 1 juta akankah ia bisa mencukupi pengeluarannya sebesar 2 juta ???? jika dengan hati ikhlas dan yakin Insya Allah, Allah akan memberikan rezeki yang tak terduga dengan keajaiban bersedekah. Mari kita hitung matematika sedekahnya :

1.000.000 - 100.000 = 900.000

Kita lihat hasil diatas dengan bersedekah 10 % atau sebesar 100.000, maka uangnya tinggal 900.000. Akan tetapi 900.000 itu bukanlah hasil akhirnya.

Disini Allah akan mengembalikan sedekah sebesar 100.000 sebanyak 10x lipat menjadi 1.000.000 sehingga ia akan mendapatkan rizki min haitsu laa yahtasib (Rezeki tak terduga) sebesar :

1.000.000 (10 % dari sedekahnya) + 900.000 (sisa uang) = 1.900.000

Dapat kita lihat hasil akhir diatas penghasilannya menjadi 1.900.000, sehingga ia dapat menutupi pengeluarannya sebesar 2 juta yang hanya butuh 100.000 tambahan lagi, yang barang kali Allah akan menggenapkannya. Begitulah kuasa Allah bagi hamba-hambanya yang gemar bersedekah. Selain bersedekah juga dibarengi dengan amalan-amalan seperti mengerjakan sholat berjamah,menambah amalan sholat sunnah, memiliki hubungan yang baik dengan teman, tetangga, keluarga terlebih kepada orang tua, perbanyak berbuat kebaikan dan jauhi perbuatan maksiat. Jika ini terus dilakukan maka Insya Allah akan dicukupkan oleh Allah segala hajat kita. Sebuah perubahan besar akan terjadi dengan keajaiban bersedekah atas izin Allah. Subhanallah.

Akhirnya janganlah lupa tegakkan sholat dan mintalah dengan berdoa kepada Allah terus menerus membukakan pintu ilmu, hikmah, taufik dan hidayah-Nya sehingga kita sampai pada derajat “mukhlishiina lahuddien”, derajat orang-orang yang mengikhlaskan diri kepada Allah.

Wassalamualaikum wr. wb.

Sumber referensi : http://wisnuhidhayatsedekah.blogspot.co.id

20 komentar

tinggal sekarang, kita konsisten, percaya dan aksi ya mas. Karena kalau gak aksi, pasti gak akan percaya tentang ini

yep betul sekali Mas Sandi .... yang penting selalu berbuat amal yg sholeh dan menghindari perbuatan buruk

yukkk terus beramal, insyaaAllah akan berkah untuk kita yang ikhlas menjalankannya

wahhh bener nih musti banyak banyak sedekah, semoga selalu ikhlas aamiin

-M.
https://inklocita.blogspot.co.id/

yg penting iklhlas mbak :)

Biar dikit, yang penting ikhlas ya... ☺

Alhamdulillah

Syukron sudah mengingatkan pentingnya sedekah mas

:')

sama-sama Mas ... kita sebagai seorang muslim harus saling mengingatkan :)

Yang paling penting ikhlas dan ga usah diitung-itung kalau menurut aku. Serahkan sama Allah aja rejeki kita nantinya gimana. Karena rejeki kan ga cuma dalam nominal rupiah

betul mbak dian ... selain ikhlas juga jgn lupa mengerjakan perintah-Nya dan meninggalkan larangan-Nya

Yang penting ikhlas bersedekah, insya allah dibalas baik :)

betul tu mbak Edwina, dan jgn lupa dibarengi dgn perbuatan baik dan jgn melakukan hal yg dilarang agama

Ada yang bilang kalau sedekah berbanding terbalik dengan kekayaan.
tapi lebih pas dengan rasa bahagia dan tenang

yang penting ikhlas , Insya Allah , Allah akan membalas nya .....

Wah begitu hitungannya? Aku hanya tahu matematika sedekah itu memang bukan berkurang tapi bertambah. :D

kalau kita ikhlas bersedkah , Insya Allah akan bertambah mbak Vindy :)